My Blog

  • Sayur Lodeh (Eng) - Here the substance for sayur lodeh : 100 gr yard beans ¼ gr chayote ¼ g 1 pcs Young jackfruit 100 gr Soya rafination 100 gr Leaf melinjo 2 cups coco...
    14 years ago
  • Tips for Car Rider - What can you do if your car broke down the middle of the journey. If close to the garage passable i think. But, what if it happened far from the garage. Yo...
    14 years ago
  • Health Effect By Smoking - lthough the negative health effects of cigarette smoking cannot be debated, it remains the single most common cause of preventable deaths. Each year, ove...
    14 years ago

Saturday, April 11, 2009

Fenomena Duduk & Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

ini adalah fenomena yang selalu di anggap sepele oleh kita semua terutama orang - orang yang selalu bekerja di depan komputer. Duduk bisa mengurangi rasa penat, memang benar. Tetapi kalau dilakukan dalam jangka waktu lama dan posisi statis, justru bisa menimbulkan gangguan pada leher, bahu, punggung, dan lengan.
Kenapa bisa begitu? Karena pada sikap kerja statis terjadi kontraksi otot yang kuat dan lama tanpa cukup kesempatan pemulihan, dan aliran darah ke otot terhambat. Akibatnya, timbul rasa lelah dan nyeri pada otot tubuh. Yang paling sering dialami adalah rasa sakit, pegal pada bagian belakang tubuh hingga leher.Oleh karena itu sesering mungkin mengubah posisi pada saat duduk.

Perlu selalu rileks, adalah kunci agar tubuh bisa menyeimbangkan keadaan, karena bekerja dengan konsentrasi penuh akan menguras banyak tenaga dan pikiran sehingga menyebabkan otot - otot tidak bekerja sebagaimana mestinya. Gejala ini bisa terjadi gara-gara posisi tubuh kurang rileks. Ada tekanan terhadap urat dan saraf tangan, pergelangan tangan, lengan dan pundak, serta leher. Kurang selingan istirahat ketika mengetik misalnya, apalagi terlalu terforsir dijamin menimbulkan risiko kesehatan.

Upaya pencegahannya, pertama-tama posisi tubuh saat duduk dan teknik mengetik mesti benar.Begitu juga penataan sarana kerja harus benar.Untuk posisi monitor, disarankan lebih rendah dan agak jauh dari posisi mata. Kursi dan keyboard diatur sedemikian rupa hingga posisi paha dan lengan sejajar (boleh sedikit menggantung).pergelangan tangan lurus dan sejajar (tidak menekuk ke bawah atau terlalu jauh ke belakang).Bila memungkinkan, posisi keyboard 2,5 - 5 cm di atas paha. Jika posisi meja terlalu tinggi, sebaiknya keyboard ditaruh di atas pangkuan.

Kebanyakan dari kita terbiasa dengan bekerja dalam keadaan duduk. pepatah lama bilang "kalau sudah duduk lupa berdiri". Padahal berdasarkan riset bekerja dalam keadaan berdiri ternyata jauh lebih sehat. kalau begitu selamat buat para SPG/SPB yang nota bene kerjanya harus berdiri. Dalam artian berdiri adalah posisi yang pas agar darah beredar dengan lancar. Bahkan di China sendiri sejak 2000 tahun yang lalu sudah mengetahui bahwa terlalu banyak duduk akan menimbulkan banyak penyakit. Tetapi orang - orang sekarang lebih memilih duduk karena takut kaki bisa varises.

well, mulai sekarang mulailah belajar untuk bekerja tanpa harus duduk. Di eropa dan amerika sekarang para karyawan melakukan meeting dengan cara berdiri karena terlalu banyaknya mereka berdiri dalam bekerja. Disarankan juga untuk para pengguna komputer agar meja komputer dibuat seperti meja bar dengan kursi yang tinggi agar bisa bekerja sambil berdiri dan kalau kaki sudah cukup letih untuk berdiri bisa juga duduk.

Buat semua selamat mencoba yaa.

No comments:

Post a Comment