My Blog

  • Sayur Lodeh (Eng) - Here the substance for sayur lodeh : 100 gr yard beans ¼ gr chayote ¼ g 1 pcs Young jackfruit 100 gr Soya rafination 100 gr Leaf melinjo 2 cups coco...
    14 years ago
  • Tips for Car Rider - What can you do if your car broke down the middle of the journey. If close to the garage passable i think. But, what if it happened far from the garage. Yo...
    14 years ago
  • Health Effect By Smoking - lthough the negative health effects of cigarette smoking cannot be debated, it remains the single most common cause of preventable deaths. Each year, ove...
    14 years ago

Monday, April 20, 2009

Kenali Dan Rasakan Khasiatnya

Selain mengenali bentuk fisik dan aromanya, kita juga perlu mengenali khasiat dari bunga yang ada di sekitar kita. Dalam artian bunga tidak hanya berguna sebagai hiasan saja, tapi bisa juga mempengaruhi kesehatan kita seperti yang sudah dikatakan oleh Proff. Hembing, dan berikut ini akan kita bahas bunga serta manfaatnya buat kesehatan kita, yuk kita intip!!.


Kenanga, Turi Merah, dkk yang berkhasiat obat


Bunga Kenanga dan kawan – kawan dapat digunakan untuk beberapa pengobatan berikut ini.

  • Digigit Serangga. Resepnya: 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati, diremas dengan 1 sendokmteh minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan.
  • Kudis (scabies). Resepnya; 50 gram bunga kenanga dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan 20 cc minyak goring, dipanaskan sebentar. Setelah dingin minyaknya dioleskan pada bagiankulit yang sakit.
  • Demam. Resepnya; 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, rimpang kunyit, kencur, temu hitam masing –masing 10 gram, 25 gram asam. Semuanya ditumbuk halus. Tambahkan sedikit garam dan air bersih, lalu gosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal ada perut. Lakukan 2x sehari.
  • Mengatasi perasaan gelisah; 15 gram bunga kenanga dan30 gram kim cim (dapat dibeli disupermarket) direbus dengan 600 ccair sampai tersisa 300 cc lalu airnya diminum sedangkan kim cimnya dapat dimakan.
  • Mencegah dan mengatasi bau badan; 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring. Lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur.
  • Keputihan; 30 gram bunga kenanga dan 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin disaring, lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2 – 3 kali sehari.
  • Radang saluran kencig; 20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar. 30 gram sambiloto segar, dan 30 gram daun sendok segar. Dicuci dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc, lalu airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.
  • Sakit kepala; 15 gram bunga kenanga dan 15 gram jahe diiris – iris, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya diminum selagi hangat.
  • Batuk (tussis); 15 gam bunga kenanga, 15 gram kulit jeruk mandarin/keprok kering, 10 gram pahap/umbi bunga lili kering (dapat dibeli di toko obat cina/tionghoa). Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. lalu air diminum selagi hangat. Lakukan dengan teratur.
  • Malaria; 3 kuntum bunga kenanga yang kering diseduh dengan 200 cc air mendidih lalu tutup rapat. Setelah agak dingin disaring, lalu diminum. Lakukan secara teratur.
  • Sesak napas (asma); 15-30 gram bunga kenanga direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc. Tambahkan 1,5 sendok teh gula pasir, disaring lalu diminum. Lakukan 2x sehari. Atau coba resep lainnya; 15 gram bunga kenanga dan 15 gran kulit semangka kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. setelah dingin diasaring, lalu airnya diminum.
  • Radang saluran nafas (bronchitis); 10-15 gram bunga kenanga dan 10 gram pahap/umbi bunga lilikering. Rebus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2x sehari.

Selain khasiat – khasiat yang ada di atas, kita juga akan bahas manfaat lainnya dari bunga kenanga. Nggak cuma kenanga aja kok, juga beberapa bunga lainnya yang ada disekitar kita. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu, mari joo…



Kenanga, Melati dan Kantil


Kalau pada jaman dahulu bunga- bunga ini sering sekali dipakai oleh anggota keraton bahkan sampai sekarang. Pada ritual sebagian masyarakat Jawa, kenanga bersama melati, mawar dan cempaka yang direndam dengan air yang bersumber dari 7 sumur atau biasa disebut “air bunga setaman” dipakai untuk mandi bagi calon pengantin saat upacara siraman.

Secara umum kenanga, melati dan kantil memiliki manfaat yaitu ;

  • Dipakai untuk luluran untuk menghasilkan kulit dan wajah yang lembut dan menjadikan kulit berwarna kuning langsat (warna asli masyarakat Indonesia).
  • Digunakan sebagai cem – ceman. Untuk para wanita yang mendambakan rambut yang indah, bunga – bunga ini bisa dipakai untuk membantu menyuburkan dan menghitamkan rambut dengan cara bunga kenanga dicampur dengan daun pandan dan daun mangkokan lalu direbus dengan minyak kelapa.
  • Bisa juga digunakan untuk aromatherapy karena aroma yang dihasilkan bisa memimbulkan perasaan tenang,senang, rasa panic, gelisah dan marahpun hilang.
  • Ekstrak bunga ini berefek penyeimbang, dengan kata lain, bisa digunakan untuk jenis kulit kering dan berminyak.
  • Memiliki kandungan minyak astirin yang baik untuk bahan campuran parfum, body lotion, sampai deodorant.



Rosella/Hibiscus Sabdariffa/Karkade


Pernah lihat nggak bunga jenis yang satu ini. Akhir – akhir ini bunga ini banyak sekali diexpose oleh media televise mulai dari penanamannnya, senta kebunnya, khasiatnya sampai nilai komoditinya. Bunga ini berwarna merah maroon yang menyala dan berasal dari negara Persia. Bunga ini dikonsumsi dengan cara disajikan sebagai teh. Dan teh yang berasal dari bunga ini memiliki warna merah setelah diseduh dengan air.

Berikut manfaat yang dapat diambil dari tanaman bunga ini ;

  • mampu mengontrol hipertensi jenis ringan.
  • Sebagai antiseptic dan antibakteri
  • Mendukung peremajaan dan kesehatan organ intim wanita
  • Bila dikonsumsi secara teratur, bunga ini mampu mengendalikan timbulnya penyakit gagal jantung

Dari Journal of Ethnopharmacology diketahui bahwa setelah 12 hari mengkonsumsi teh ini, 31 pasien dapat mengalami penurunan tekanan darah hingga 11,2 % untuk tekanan sistolik (normalnya 120) dan 10,7 % untuk tekanan diastolic (normalnya 80). Dengan kata lain mengkonsumsi teh yang berasal dari bunga rosella mampu menurunkan tekanan darah hingga kembali ke kondisi normal selama kurang dari 2 minggu.

Bunga rosella yang kering dan diseduh memiliki keefektifan yang sama dengan Captropil, yaitu obat yang biasa dipakai untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung.



Mawar/Rose


Bunga yang satu ini memiliki keampuhan sebagai peluluh hati seorang wanita, dan tak hanya itu. Aroma yang dihasilkan bunga mawar mampu meningkatkan aktivitas memori otak dengan kata lain sebagai aromatherapy.

Dari hasil penelitian Lubec University di Jerman, aroma bunga mawar terbukti bisa meningkatkan aktivitas memori otak seseorang ketika tidur.

Denis Rowley dalam buku Aromatherapy, Recipes and Remendies to Enhance Your Life menyebutkan kalau untuk menghasilkan 30 ml minyak bunga mawar diperlukan 60 ribu daun bunga mawar.



Bunga Matahari


Bunga yang satu ini memiliki bentuk fisik yang cukup besar dengan warna yang mencolok. Biji bunga matahari bisa dijadikan makanan atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan kuaci, cemilan yang biasa dimakan ketika kita masih kecil dulu. Selain itu minyak bunga ini mengandung asam lemak omega – 6 seperti asam linoleat yang penting untuk mencegah kulit kering dan meradang, juga vital untuk pembentukan prostaglandin, yaitu horman yang menjaga sel – sel tubuh berfungsi secara baik. Bunga matahari juga kalau ditanam didepan rumah akan membuat rumah menjadi jauh lebih indah bila dipandang karena fisiknya yang cukup besar membuat semua orang merasa senang untuk memelihara dan merawatnya.



Anggrek Ungu, Lily, Chrysanthemum dan Lotus


Kesemua bunga – bunga ini layak untuk anda tanam disekatar rumah anda karena bunga ini memiliki energi positif yang besar. Bunga – bunga ini mampu menyeimbangkan kondisi yang labil. Selain itu bunga – bunga ini memiliki bentuk dan warna yang indah sehingga jika kita memandangnya bisa mengurangi kadar stress di otak anda dan memberikan relaksasi yang menyenangkan.

1 comment: